Menjaga Stamina Saat Mudik

Setelah Mengamankan Rumah, Persiapan Mudik tentunya saat mdik kita juga harus memiliki stamina yang bagus saat berkendara, kan bulan puasa jadi pasti anda akan sedikit letih saat melakukan perjalanan.

Berikut ini saya share tips Menjaga Stamina Saat Berkendara Mudik, lansung saja ikuti langkah berikut ini :

Makanan Yang Sehat
Kalau Anda berniat jalan sesudah buka puasa atau sahur, asupan makanan jangan terlalu banyak. Khususnya buat pengemudi, karena bila terlalu kenyang bisa ngantuk. Untuk makanan, sebaiknya pilih berdasarkan menu 4 sehat 5 sempurna. Seperti makanan praktis nasi goreng, bubur atau nasi uduk boleh dikonsumsi (untuk makan malam), tapi banyak mengandung karbohidrat. Jadi, mengonsumsinya jangan berlebihan.

Suplemen
Perlu disuplai minuman isotonik atau vitamin. Untuk isotonik mengandung gula, kalium dan natrium. Kandungan kalium mempunyai fungsi penjaga keseimbangan cairan yang berguna mencegah dehidrasi. Sedang gula menambah kalori yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar. Kalau tidak isotonic, bisa juga vitamin. Untuk tubuh dianjurkan mengkonsumsi yang terdapat dalam buah-buahan. Dan untuk daya tahan bisa vitamin A,B,C, zinc atau vitamin E.

Pakaian Berkendara
Jenis pakaian yang dikenakan berpengaruh terhadap kenyamanan mengemudi. Mungkin pengemudi lebih senang bersandal lantaran lebih praktis. Jelas sangat berbahaya, sebaiknya gunakan sepatu. Untuk pakaian, jangan terlalu ketat atau bahannya memberatkan tubuh. Menurut Andry, jika perjalanan siang, kenakan pakaian yang bisa menyerap keringat. Juga jangan yang bisa menyerap panas matahari (pakaian warna hitam).

Memaksimalkan kerja otak
Bila perjalanan memakan waktu lama, setiap 2 sampai 3 jam sekali, pengemudi harus istirahat dan meregangkan otot-otot. “Kalau sudah mengemudi 2 jam, istirahat 15 menit,” ungkap Andry Berlianto dari Jakarta Defensive Driving Center Consulting (JDDC).

Langkah itu perlu dilakukan untuk memberi waktu istirahat buat otak. “Kalau sudah istirahat dan menyetir lagi dengan waktu yang sama, istirahatnya tidak lagi 15 menit, tapi 30 menit,” pinta Andry. Terpenting, katanya, sebelum memulai perjalanan, calon pengemudi harus tidur sedikitnya 6 jam. Dan sebelum berangkat tidak ada aktivitas lagi. Jadi, bangun, mandi dan langsung berangkat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Tinggalkan Sedikit Pesan Saran dan Kesan

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔